Februari 6, 2008

Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Indonesia

Posted in Umum tagged , at 1:15 am oleh fnhidayat

Setiap kendaraan bermotor di Indonesia mempunyai nomor kendaraan yang disesuaikan dengan asal kotanya. Ada 2 tanda yang dipakai yaitu huruf yang di depan angka menunjukkan wilayahnya (karesidenan, propinsi) dan huruf yang paling belakang menunjukkan asal kotanya. Cuma yang huruf yang belakang selalu berkembang sesuai dengan jumlah kendaraan di kota itu. Sebagai contoh nomor kendaraan AB4846EU. AB menunjukkan kendaraan ini asal DIY dan dan U menunjukkan ini adalah kendaraan dari Kabupaten Sleman. Huruf ini adalah perkembangan tanda setelah tanda E nomornya sudah habis. Awalnya di DIY huruf yang belakangnya adalah:
A : Kota Yogyakarta
B : Bantul
C : Kulon Progo
D : Gunung Kidul, dan
E : Sleman

Untuk melihat tanda nomor kendaraan bermotor di Indonesia,

No Tanda Keterangan No Tanda Keterangan
1. A Banten 31. DA Kalimantan Selatan
2. AA Kedu 32. DB Minahasa
3. AB Daerah Istimewa Yogyakarta 33. DD Sulawesi Selatan
4. AD Surakarta 34. DG Maluku Utara
5. AE Madiun 35. DK Bali
6. AG Kediri 36. DL Sangihe Talaud
7. B Daerah Khusus Ibukota Jakarta 37. DM Sulawesi Tenggara
8. BA Sumatera Barat 38. DN Sulawesi Tengah
9. BB Sumatera Utara 39. DR Lombok
10. BD Bengkulu 40. DS Irian jaya (Papua)
11. BE Lampung 41. E Cirebon
12. BG Sumatera Selatan 42. EA Sumbawa
13. BH Jambi 43. EB Flores
14. BK Sumatera Utara 44. ED Sumba
15. BL Daerah Istimewa Aceh 45 F Bogor
16. BM Riau 46. G Pekalongan
17. BN Bangka 47. H Semarang
18. AD Surakarta 48. K Pati
19. AE Madiun 49. KB Kalimantan Barat
20. AG Kediri 50. KH Kalimantan Tengah
21. BA Sumatera Barat 51. KT Kalimantan Timur
22. BB Tapanuli 52. L Surabaya
23. BE Lampung 53. M Madura
24. BG Sumatera Selatan 54. N Malang
25. BH Jambi 55. P Besuki
26. BK Sumatera Utara 56. R Banyumas
27. BL Daerah Istimewa Aceh 57. S Bojonegoro
28. BM Riau 58. T Purwakarta
29. BN Bangka 59. W Area Surabaya
30. D Bandung 60. Z Timur Bandun

Untuk Corps Diplomatik:

No Tanda Keterangan No Tanda Keterangan
1. CD 12 Amerika Serikat 55. CD 67 Singapore
2. CD 13 India 56. CD 68 Spain
3. CD 24 France 57. CD 69 Bangladesh
4. CD 14 Great Britain 58. CD 70 Panama
5. CD 25 Filipina 59. CD 71 UNICEF
6. CD 15 Vatikan 60. CD 72 UNESCO
7. CD 26 Austaralia 61. CD 73 FAO
8. CD 16 Norwegia 62. CD 74 WHO
9. CD 27 Irak 63. CD 75 Korea Selatan
10. CD 17 Pakistan 64. CD 76 ADB
11. CD 28 Belgia 65. CD 77 World Bank
12. CD 18 Myamar 66. CD 78 IMF
13. CD 29 Uni Emirat Arab 67. CD 79 ILO
14. CD 19 China 68. CD 80 Papua New G.
15. CD 20 Sweden 69. CD 81 Nigeria
16. CD 21 Saudi Arabia 70. CD 82 Chile
17. CD 22 Thailand 71. CD 83 UNHCR
18. CD 23 Egypt (Mesir) 72. CD 84 WFP
19. CD 30 Italy 73. CD 85 Venezuela
20. CD 31 Switzerland 74. CD 86 ESCAP
21. CD 32 Germany 75. CD 87 Colombia
22. CD 33 Srilanka 76. CD 88 Brunei
23. CD 34 Denmark 77. CD 89 UNIC
24. CD 35 Canada 78. CD 90 IFC
25. CD 36 Brazil 79. CD 91 UNTAET
26. CD 37 Russia 80. CD 97 Red Cross
27. CD 38 Afghanistan 81. CD 98 Morocco
28. CD 39 Yugoslavia 82. CD 99 European Union
29. CD 40 Czecho 83. CD 100 ASEAN Secr.
30. CD 41 Finland 84. CD 101 Tunesia
31. CD 42 Mexico 85. CD 102 Kuwait
32. CD 43 Hungary 86. CD 103 Laos
33. CD 44 Poland 87. CD 104 Palestina
34. CD 45 Iran 88. CD 105 Cuba
35. CD 47 Malaysia 89. CD 106 AIPO
36. CD 48 Turkey 90. CD 107 Libya
37. CD 49 Japan 91. CD 108 Peru
38. CD 50 Bulgaria 92. CD 109 Slovakia
39. CD 51 Cambodia 93. CD 110 Sudan
40. CD 52 Argentina 94. CD 111 ASEAN Found
41. CD 53 Romania 95. CD 112 UTUSAN
42. CD 54 Greece (Yunani) 96. CD 113 CIFOR
43. CD 55 Jordan 97. CD 114 Bosnia
44. CD 56 Austria 98. CD 115 Lebanon
45. CD 57 Syria 99. CD 116 South Africa
46. CD 58 UNDP 100. CD 117 Croatia
47. CD 59 New Zealand 101. CD 118 Ukraine
48. CD 60 Netherlands (Belanda) 102. CD 119 Mali
49. CD 61 Yemen 103. CD 120 Uzbekistan
50. CD 62 UPU 104. CD 121 Qatar
51. CD 63 Portugal 105. CD 122 UNFPA
52. CD 64 Algeria (Aljazair) 106. CD 123 Mozambique
53. CD 65 Korea Utara 107. CD 124 Marshall Ids
54. CD 66 Vietnam      

Sumber : invir.com

About these ads

26 Komentar »

  1. dhiya said,

    saya minta datanya buat di pelajari
    makasih

  2. oRiDo™ said,

    makasih banget nih… :)

    • dafa said,

      :P :putnam: :42:

  3. adi_darmaj said,

    ada yang tau Plat kendaraan (R XXXX WK) Purwokerto bagian mana?? klo tau tlg kirim infonya d e-mail sy akoresh@yahoo.com

  4. Mustofa said,

    Aku jg mau tanya R XXXX SD kwi seri ngendi? Yg tau Smskan aku yo dinmr 085762207744, kalo Plat BM tanyakan aku, aku orang disamsat.

    dari http://forum.detik.com/showthread.php?p=3984048#post3984048. aku dapat seperti ini:

    R XXXX B,R XXXX *B,R XXXX T,R XXXX *T,R XXXX K,R XXXX *K=Cilacap
    R XXXX A,R XXXX *A,R XXXX H,R XXXX *H=Purwokerto

    kan siki wis akeh kombinasine… lah kue kombinasi sisih mburi nglambangaken kec apa ora sie kang…

    inyong ngertine
    R xxxx ?A Banyumas
    R xxxx ?B Cilacap
    R xxxx ?C Purbalingga
    R xxxx ?D Banjarnegara
    Pernah weruh sing pelate R xxxx MK, kye anu ngendi

    JAdi sepertinya dari Banjarnegara.

    Fadjar

  5. Akim said,

    Kalo plat nomer yang ga ada buntutnya itu apa ya?
    misal : B 1234
    plat nomer ini pribadi (pesanan) atau plat khusus??

    • yuli said,

      kalau itu plat setan kali……………………………….

  6. sicilich said,

    thanks pengetahuannya bro

  7. Ajank said,

    kalo sepeda motor B****LV
    dua huruf dibelakang nya itu menadai daerah mana aja ya
    thanks before

  8. nald said,

    klo sepeda motor N****LD
    dua huruf belakangnya daerah mana ya
    thank U
    Email gronjal@hotmail.com

  9. vkry1605 said,

    Di jalan tadi lihat mobil dengan Plat Nomor CD 130.
    Koq gak ada di daftar di atas ya ?

  10. rina said,

    klo plat nomor russia ap sich???

  11. Doni said,

    tolongin dong, kalo plat B xxxx H, itu berarti apa ya ? ini beneran bukan maksud porno…soalnya saya punya kendaraan yang kaya gitu plat nomornya. buat infonya saya ucapin Terima kasih

  12. fandhi said,

    1. untuk daerah irian jaya bukannya sudah ada pemekaran provinsi?
    2. apakah DS itu berlaku untuk semua daerah papua?
    3 untuk daerah kupang tanda nomor kendaraannya apa?

  13. opiet said,

    indonesia punya plat mobil CD gax ?????
    soal nya pernah liat tapi gax ada di daftar ….
    pengen tahu bgt….

  14. gindo said,

    nomor plat kendaranBK****HE ITU NOMOR kendaran mana

  15. akmalluddin said,

    ada nggak cara2 supaya kita bisa ngelacak plat mobil…
    kalau ada,tolong kasih tau saya…
    terima kasih…

  16. Aji said,

    tadi dijalan aku liat plat nomer BH 36 B kok ga ada didaftar atas ya,..

  17. ryan said,

    cd plat driman ???

    —————–
    CD Corp Diplomatic

  18. ayu said,

    tolong dong beri tau plat nomor lengkap beserta kabupatennya dari kota bandung, riau, sulawesi tengah. SEGERA. PENTING! TUGAS SEKOLAH

  19. hendra said,

    kalo motor yang tidak ada flat nomor nya itu motor daerah mn ya?

  20. SI bOy said,

    Punya ane Madiun Kota kok AE xxxx KI ? Bukannya salah y? ada yg bisa benerin?

  21. viasoccersip said,

    makasih ni ;)

  22. bina said,

    jadi tambah tau…. :-)

  23. odel said,

    AE xxxx SD…ini madiun mana ya….tolong reply ke odelocim@yahoo.co.id

    terima kasih..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: