Februari 8, 2008

Satuan Panjang, Berat, Isi, dan Luas

Ditulis dalam Matematika tagged , , , , pada 3:45 am oleh fnhidayat

SATUAN PANJANG :
1 inci = 2,54 cm
1 foot = 12 inci = 0,3048 m
1 yard = 3 feet = 0,9144 m
1 mile = 1.760 yards
1 mile = 1,6093 km

SATUAN BERAT:
1 ton = 1000 kg
1 ton = 10 kwintal
1 kwintal = 100 kg
1 kg = 2 pon
1 pon = 5 ons
1 hg = 1 ons
1 kg = 10 ons
1 ons = 100 gram

SATUAN LUAS: 
1 hektar = 10.000 m²
1 are = 1 dam² = 100 m²

SATUAN ISI:
1 m³ = 1000 liter
1 dm³ = 1 liter
1 liter = 1000 cm³
1 cm³ = 1 cc
1 barrel = 158,99 liter
1 gallon = 4,5461 liter

SATUAN LAIN :
1 gross = 144 buah
1 gross = 12 lusin
1 lusin = 12 buah
1 kodi = 20 helai
1 rim = 500 lembar

About these ads

101 Komentar »

  1. el arief berkata,

    mohon dibantu maksud dari metrik ton itu sama dengan ton? terima kasih sebelumnya

    • Rudi berkata,

      saya mau taya dong mohon di bantu y prok…prok…bimsalabim mohon bantuannya kl 20kg ada berapa pon y…?? tks

      • Barunas berkata,

        Tinggal di bagi ajha, apabila diketahui 1 Kg = 2 Pon, berarti 20 kg = 20 : 2 = 10 pon.

      • windy berkata,

        yachhh mudahh bngettt mahh i2……
        klo 20kg=40 pon
        caraX: 1kgkan=2 pon jdi kloo mww 20 x 2=40kg

      • kepret kepret berkata,

        40 pon

      • fadhli fachrurahman berkata,

        40

      • yosuaganteng berkata,

        20dibagi 2 1kg 2 pon

      • 40 ton

      • putri berkata,

        1 kg = 2 pon
        Jadi , 20 x 2 = 40

  2. londo berkata,

    bro send meeseage ke e mail aku yah

    itu patokan satuan berat 1ons = 100 gram dari mana

    tadi barusan baca 1 ons = 28.35 gram

    yg bener yg mana ???

    ————————————————————————————————

    Admin:
    Ada banyak ukuran ons (ounce (amerika), onza (spanyol), once (prancis), maka masing-masing juga memiliki ukuran yang berbeda (1 ounce = 28.35 g ; 1 onza = 27.3 g ; 1 once = 30.5 g)). Kalu orang Indonesia mengambil ukuran ons dari Belanda 1 ons =hampir setara dengan 100 gr. Lihat http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=136&Itemid=40

    • windy berkata,

      patokanX yaitu kan 1ons=1hg jadii hg dgn onss i2 sama
      jdii klo ons kegram pasti dikalii 100 jdiidapet jwbnX

  3. widie berkata,

    mohon bantuannya ya…
    bisa beri tahu aku, bagaimana memecahkan soal matematika spt dibawah ini?
    Rangga berusia 5 thn lebih tua dr pd Alya, Alya berusia 2 thn lbh tua dari pd Cinta, dan usia Carmen lebih muda 2 thn dr Rangga. Bila umur Cinta 17 thn berapa umur Carmen?

    Thanks bgt sebelumnya
    tolong jawaban kalo bisa ke Email aja yach

    Ini hasilnya:

    nama Umur
    rangga 24
    alya 19
    cinta 17
    carmen 22

  4. fnhidayat berkata,

    Soal di atas dapat diselesaikan menggunakan excel.
    Ini saya berikan skrisutnya:
    disini

  5. widie berkata,

    tanya lg donk…
    u/ memeriksa sebuah mobil, Erik perlu wkt 20 menit, sementara
    jony hanya perlu 18 menit. jika keduanya mulai memeriksa mobil pd pukul 08.00, kapankah pertama kali mereka selesai memeriksa mobil pada saat yang sama?
    a. pukul 09.42
    b. pukul 11.00
    c. pukul 11. 10
    d. pukul 12.00

    • dheena berkata,

      b. pukul 11.00

    • windy berkata,

      jawabanX pukul 11.00
      caranya:
      carilahh kpk dari 20 dgn18
      mencari kpknya dapat dibuat dalam bntuk pohon
      faktor atau tabel klo aku anjurkan lebih cepat dgn cara tabel
      setelah didapat hasilnya,kan angka diatas menggunakan menit
      jadi kita mengubahnya ke jam jdi 180mnit : 60 mnit = 3 jam
      nah sekarang kita jumlahkan dgn pukul 08.00 tdi,
      08.00
      03.00
      —– +
      11.00

  6. sufa'at berkata,

    KPK 18 dan 20 adalah 180
    180 menit = 3 jam
    pukul 08.00 + 3 jam = 11.00
    jadi pertama kali mereka selesai memeriksa mobil pada saat yang sama
    adalah pukul 11.00

  7. egi berkata,

    ngapa sih MTK toh susah bangetz…. gemana cra mudah memahaminya???? gue butuh bAnget penjelasannya.

  8. agus berkata,

    tanya nih….
    1 ton = 100 (apa)
    makasih ya

  9. karto berkata,

    1 Lbs = berapa kg ya?

    • eko berkata,

      1lbs = 2.2045 kg

  10. yadi berkata,

    kang saya mau nanya? 1 Kg berapa liter. hatur nuhun mohon segera dibalas.

    • Fajar Noegroho berkata,

      kalo saya patokannya beli beras. Beraas 1 kg pasti lebih berat dp 1 liter beras. Karena satuan berat tidak bisa di konversi kesatuan isi.
      Tp ada yang menjawab 1 kg = 1.2 liter

  11. sila_candra berkata,

    tolong diperbanyak donk satuan-satuan yang lain selengkap-lebgkapnya

  12. lareompong berkata,

    untuk mencari buku lengkap tentang TI & pelajaran alamatnya apa ya?

  13. tutut berkata,

    Aku pernah dengar selaksa.. berapa selaksa itu ya. Trims jawabnya..

    • Tjandra berkata,

      Menurut pengetahuan saya :

      selaksa = 10.000

  14. lina berkata,

    1 troy ounce sama dengan berapa? tks

  15. aris hanafi berkata,

    1 kg/cm2=……KPa

  16. jimmy berkata,

    tolong dijawab ya,hilmi berlari maraton menempuh 2km selama 2jam 26menit 35detik,sedangkan raihan menempuh jarak yang sama selama 1jam 58menit 44detik.berapa jam,menit dan detik selisih waktu hilmi dengan raihan.TOLONG DI JAWAB LEWAT FACEBOOK YA

    • dheena berkata,

      0 jam 27 menit 51 detik

      • a|L*StArS* berkata,

        Trima kasih

      • windy berkata,

        benerr tuhhh dheena tpii akuu akann jelasin lbih lengkap:
        2jam 26mnit 35dtik
        1jam 58mnit 44dtik
        —————— -
        0jam 2mnit 51 dtik
        solusi kuranganX kloo 35 dtik gakk bisaa dikurangngi 44dtik
        maka dipinjem 60 dtik dari 26 mnitt krn 1 mnit=60 dtik
        dan bgitu sebalikX

  17. Hairia Marlinda berkata,

    mau tanya…

    3.300 FT berapa meter yah?

    Thanxs

    Menggunakan http://www.wolframalpha.com dan ketikkan “3.300 FT to meter” akan diberitahu hasilnya 1.0058 meters

    • Amri berkata,

      1ft = 0,3048 m
      jadi 3300 ft = 3300 x 0,3048 = 1005,84 m

  18. jerly cool berkata,

    2 hektare =…………..ca

    Wolframaplha.com: 2 hectare to ca hasilnya 20000 ca (centiares)

    • Victor berkata,

      @jerly

      1 hektare = 100000 ca (Baca centiare)
      2 hektare = 200000 ca

  19. nasir berkata,

    1 Kgf = …….KN/m ?
    please kindly advise yah.

    kalau ini menggunakan wolframalpha hasilnya: kgf (kilograms-force) and kN/m (kilonewtons per meter) are not compatible. (Satuannya tidak setara)

  20. sonny berkata,

    1 Kips=…..MT
    Tolong di balas ya….
    GPL……………

    coba gunakan http://www.wolframalpha.com dan ketikkan “1 Kips to MT” di kotak isiannya maka akan diberitahu hasilnya

    4.536×10^-7 Mt (metric megatons)

  21. Meimei berkata,

    Pak mau tanya nih…..

    1 ton = …. admt ya ?

  22. sinta berkata,

    mohon bantuanya yaa?
    uang sandra sebanya Rp150.000.ia menggunakan 22% dari uangnya untuk membeli majalah dan 20% dari sisanya untuk membeli tas.sisa uang sandra sebanyak
    a.Rp56.400
    b.Rp93.600
    c.Rp.87.000
    d.Rp.67.500

    mohon beritahu caranya yaa…..

    • Victor berkata,

      @Sinta

      Sisa uang Sandra : (100% – 22% – 20%) x 150000
      : 58% x 150000
      : (58/100) x 150000
      : 87000

    • dheena berkata,

      uang sandra Rp.150.000,-
      22% x Rp.150.000 = Rp.33.000 (utk beli majalah)
      20% x Rp.150.000 = RP.30.000 (utk beli tas)

      sisa uang sandra = Rp.150.000 – (Rp.33.000 + Rp.30.000)
      = Rp.87.000

      • Tjandra berkata,

        Salah tuh…coba baca lagi soalnya….
        harusnya :

        150.000 – (150.000 * 22%) =
        150.000 – 33.000 = 117.000

        117.000 – (117.000 * 20%) =
        117.000 – 23.400 = 93.600

        yg benar adalah : b. Rp 93.600

    • alim berkata,

      uang = 150.000
      beli majalah 20% dari uangnya : 22% x 150.000 = 33.000
      sisanya : 150.000 – 33.000 = 117.000
      beli tas 20% dari sisanya = 20% x 117.000 = 23.400
      sisa sekarang = 117.000-23.400 = 936.00

      jadi jawabannya b. Rp 93.600,-

  23. Yyunuz berkata,

    3300 FT=1005.84 Meter

  24. arisdianto berkata,

    trima kasih atas bantuannya, saya mengharapkan masih banyak lagi satuan satuan yang dimunculkan sehingga memudahkan dalam pembelajaran bagi orang tua untuk anak tq

  25. endah berkata,

    mohon bantuannya…

    1m3=……….kg

    tolong jawab…

  26. pagi dan salam kenal
    sy mohon bantuannya nih…..sy mendapat soal sepert ini yg akan dikumpulkan lusa.
    dik luas lahan 5ha yg akan ditanam bibit padi dengan jarak tanam 20x20cm berapa keperluan bibit dengan luas diatas. Jika tiap lubang diberikan pupuk kandang/kompos berapa ton keperluan pupuk kandang untuk luas lahan 5 ha mohon via mail sy pandanus.seed@yahoo.com ( t.hidayat kelas 3 sd)

  27. aqu berkata,

    uuuuuuuuuuuh senang sekali

  28. Selma berkata,

    tolong bantu mengerjakan soal :

    1 1/4 gross + 2 1/4 kodi + 5 lusin = ..
    a. 300
    b. 270
    c. 180
    d. 290

    kalo menurut aku :

    1 1/4 gross = 180
    2 1/4 kodi = 45
    5 lusin = 60

    180 + 45 + 60 = 285

    betul ngga sih ? kok ga ada pilihan jawabannya ya ?

    dalam bahasa inggris gross = gross, kodi = score , lusin = dozen. jika menggunakan http://www.wolframalpha.com kita ketikkan: “1.25 gross + 5 dozen +2.25 score” hasilnya adalah 285 jadi betul tidak ada jawabannya.

  29. EUNIKE berkata,

    SAYA MAU tau maksud dari12 lusin= 12kali 12buah – 144

    teng”s sebelummnya mohon di bantu ya plizz

  30. rizzzki berkata,

    yang lengkap dunksss

  31. NaBiLa berkata,

    tlong di prbaxak satuanx spaya tmbah lngkap dn praktis ! saya ucpkan sbelumx trima ksk baxak !!!!!!!!!!!

  32. zahrah berkata,

    tlng diperbanyak pengetahuan tntng satuan, jadi makin banyak satuan yg kt ketahui

    thanks…………..

  33. Hendry berkata,

    trima ksh byk….

  34. ninis berkata,

    akh sory gw ga dmen sama plajarn matematika

  35. almira berkata,

    thx ya aku jadi bnyk tau nich skrg dan insyaallah catatan ini berguna saat nanti sku menghadapi UASBN ‘n’ try out2 yg akan datang
    amien………….

    thx,thx,thx,thx,thx,thx,thx

    • bela berkata,

      diperbanyak dunk…..biar agahk lengkap

  36. syahdashelf berkata,

    Yang bisa jawab berarti hebat!

    Pembuktian Identitas :

    Soal :
    (aχ + b )(χ + 1 ) = 3χ² + 5χ + 2 = ….

    Ayo yg bisa jawab!! :D

  37. dwi nursyachbaini berkata,

    boleh tanya gak
    3 ml + 5 l =…….dm2

  38. fres berkata,

    saya pinjam uang ke dua teman saya yaitu agus dan deni. dari agus Rp 500 dan dari deni Rp 500, maka jadilah uang Rp 1000 lalu saya belikan 1 batang rokok seharga Rp 700, dan mendapatkan kembaliannya Rp 300, berhubung saya tidak ingin punya hutang yang banyak maka saya bayarkan ke agus Rp 100 ke deni Rp 100 dan di saya megang Rp 100. yang jadi pertanyaan saya dimana uang Rp 100 lagi?

  39. septi berkata,

    tolong dong…
    lox 1 m sama dengan brpa meter kubik ya…?
    thx before…

  40. Arum berkata,

    hmmm…
    kalau ada pertanyaan seperti ini :
    sebuah bak berisi 1,2 m3 air, digunakan untuk keperluan 105 dm3 . sisa air didalam bak adalah ………….. liter ???

    thanks ya …. :D .

  41. amaliza apriani berkata,

    txx ea .. berkat gw bsa tauu bnyak hal .. So supya gwe bsa ngadapin UN n TO d skolah …
    amien ,… doa’kan kami juga ea .. tx tx tx … :))

  42. mahfud berkata,

    1 ton ada ,berapa liter

  43. naila berkata,

    mohon di bals yah,kalo 50 pon berapa kg sih. makasih yah

  44. fauzi berkata,

    tolong aq ya
    1 liter = …… kg
    1 kg = …….. liter

  45. atiyafaqiha berkata,

    sy mau tanya?10000000000m+568774317cm=

    tlng d bls y?
    thanks

  46. atiyafaqiha berkata,

    dijadikan mm

  47. dhila berkata,

    5 feet 2 in sma dengan brp meter ya ?trma ksh sebelumnya

  48. enjah takari r. berkata,

    Kok satuan berat = satuan massa? Bukankan massa itu berbeda dengan berat?

  49. Nur asiyah berkata,

    Gan, kl 1 ubin ada berapa meter persegi

  50. Aditya Ferri berkata,

    tlong bantu gan

    bahan baku produksi sebanyak 50 ton diproses dengan kapasitas produksi 15 kg/menit berapa lama proses kapasitas bahan baku tersebut sampai habis ?

    moho bantu ya !!!!!!!!!

  51. tuan tanah berkata,

    Nanya dong…. kalow 1 hektar berapa Bata ya????
    bls yah,,mo beli sawah nih…hehehehe

  52. rinda arientia berkata,

    kang, maaf mau tanya
    1 mg/kg berapa 1 ml/ml ya?
    mohon dijawab…
    hatur nuwun…

  53. rachel berkata,

    kmau nanya jga dong…
    ada pipa bulat ukuran 22.2 x 1.1 x 6M Beratnya 3.4 kg
    klo pipa tersebut di potonh dgn ukuran 905Mm… berapa berat per batang nya ya ?
    terima kasih

  54. sotardodo berkata,

    Saya mau nanya?
    1. 6,6 juta troyonces =…….. gram
    =…….. kilogram
    =…….. for

  55. DR Penull berkata,

    tlg donk..! 1ton=…m3=..inc brapa y ?

  56. Vita Ru'loveme berkata,

    AKU MO NANYA 1000ONS= …..TON

  57. firda berkata,

    seorang pedagang maembeli seper3 ton beras.
    beras yg di beli pedagang itu sama dengan………hg.
    tolong di jwb : …………

  58. bautinja berkata,

    makasih udh menambah wawasan

  59. innes berkata,

    saya mau tanya..
    1. 4 tahun yg lalu usia nenek 50th. Brp windu usia nenek 3 thn yg akan datang?

    2.matahari terbit pukul 05.30. Jika terbenam pukul 17.30. Tentukan waktu antara matahari terbit dan terbenam?

    3.jarak kota a dengan kota B 153 km. Jarak kota B dengan kota C 65 km. Berap km jarak kota A dengan kota C??

    Tolong d’blz scpt’y.
    Thx

  60. Ikhtiar Gympasca berkata,

    23n daa = ….cm2 ??
    brapa hasilnya ?? Tlong di balass dan di jawab…!!
    thanks…

  61. maulana berkata,

    1kg berapa liter??

  62. niki dwi berkata,

    1 ton brapa pon??

  63. niki dwi berkata,

    ini salah!

  64. asha berkata,

    1 krat berapa buah ?

  65. Nidia prastika berkata,

    Mnrt kq bljar satuan isi itu menynagkn

  66. julianda83 berkata,

    ada yg lebih susah gak? :D

  67. brian berkata,

    sep

  68. Ria Irawati berkata,

    tlong susunanx at su2nan ky tangga2 gt donk, u satuan panjang n satuan berat,thanks

  69. yadi nugraha berkata,

    pak, bagi mana cara menghapal satuan- satuan nya dengan mudah pakk,,, terimakasihhh tolong di jawab

  70. ben berkata,

    40 ton brp ons ?

  71. dwita deasri berkata,

    1 pon = hg

  72. andika berkata,

    nanya donkk..
    perbandingan panjang sisi 2 kubus adalah 2:5
    jika volume kubus kecil 216cm kubik,tentukan:
    a)volume kubus besar?
    b)panjang masing masingsisi dari ke2 kubus tersebut ..
    d bantu yahh
    mkasihh

    • fnhidayat berkata,

      volume kubus kecil= 216 cm^3 berarti panjang sisinya = \sqrt [3]{216} = 6 \; cm
      Dengan perbandingan sisi kubus kecil dan besar adalah 2 : 5 maka panjang sisi kubus besar adalah 6/2*5 = 15 cm
      Sehingga:
      a) volume kubus besar = 15^3 = 3375\; cm^3
      b) panjang sisi: kubus kecil = 6 cm dan kubus besar 15 cm

      mudah-mudahan betul dan bisa membantu.

      • andika berkata,

        mkasihh :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 56 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: