Mei 4, 2010

Pangkat TNI, Polisi, dan PNS

Posted in Umum tagged , , at 7:07 am oleh fnhidayat

Urutan Kepangkatan TNI

Nama Pangkat

Singkatan

Simbol

Letak

PERWIRA TINGGI

Jenderal Besar
/ Laksana Besar* /  Marsekal besar**

jenderal besarpati

Pundak

Jenderal  / Laksamana Laut* / Marsekal**

Jend.

Letnan Jenderal / Laksamana Madya* / Marsekal Madya **

Letjen

Mayor Jenderal / Laksamana Muda* / Marsekal Muda**

Mayjen

Brigadir Jenderal / Laksamana Pertama*  / Marsekal Pertama**

Brigjen

PERWIRA MENENGAH

Kolonel

Kol.

Pundak

Letnan Kolonel

Letkol

Mayor

May.

PERWIRA PERTAMA

Kapten

Kapt.

patama

Pundak

Letnan Satu

Lettu

Letnan Dua

Letda

BINTARA TINGGI

Pembantu Letnan Satu

Peltu

bintara

Pundak

Pembantu Letnan Dua

Pelda

BINTARA

Sersan Mayor

Serma

sersan

Lengan

Sersan Kepala

Serka

Sersan Satu

Sertu

Sersan Dua

Serda

TAMTAMA

Kopral Kepala

Kopka


Lengan

Kopral Satu

Koptu

Kopral Dua

Kopda

Prajurit Kepala

Praka

Prajurit Satu

Pratu

Prajurit Dua

Prada

Urutan Kepangkatan POLRI

Nama Pangkat

Singkatan

Simbol

Letak

PERWIRA TINGGI

Pundak

Jenderal Polisi

Jend. Pol

Komisaris Jendral Polisi

Komjen Pol

Inspektur Jenderal Polisi

Irjen Pol

Brigadir Jenderal Polisi

Brigjen Pol

PERWIRA MENENGAH

Komisaris Besar Polisi

Kombes Pol

Pundak

Ajun Komisaris Besar Polisi

AKBP

Komisaris Polisi

Kompol

PERWIRA PERTAMA

Ajun Komisaris Polisi

AKP

Pundak

Inspektur Polisi Satu

Iptu

Inspektur Polisi Dua

Ipda

BINTARA TINGGI

Ajun Inspektur Polisi Satu

Aiptu

Pundak

Ajun Inspektur Polisi Dua

Aipda

BINTARA

Brigadir Polisi Kepala

Bripka

Pundak

Brigadir Polisi

Brippol

Brigadir Polisi Satu

Briptu

Brigadir Polisi Dua

Bripda

TAMTAMA

Ajun Brigadir Polisi

Abrippol

Pundak

Ajun Brigadir Polisi Satu

Abriptu

Ajun Brigadir Polisi Dua

Abripda

Bhayangkara Kepala

Bharaka

Bhayangkara Satu

Bharatu

Bhayangkara Dua

Bharada

Urutan Kepangkatan dan Golongan PNS

Nama Pangkat

Golongan

Ruang

GOLONGAN IV

Pembina Utama

IV

e

Pembina Utama Madya

IV

d

Pembina Utama Muda

IV

c

Pembina Tingkat I

IV

b

Pembina

IV

a

GOLONGAN III

Penata Tingkat I

III

d

Penata

III

c

Penata Muda Tingkat I

III

b

Penata Muda

III

a

GOLONGAN II

Pengatur Tingkat I

II

d

Pengatur

II

c

Pengatur Muda Tingkat I

II

b

Pengatur Muda

II

a

GOLONGAN I

Juru Tingkat I

I

d

Juru

I

c

Juru Muda Tingkat I

I

b

Juru Muda

I

a

About these ads

31 Komentar »

  1. robby said,

    di kepolisian tamtama it saya tak pernah meliht….
    biasanya tamtama bekerja dmn yah

    • agan said,

      gan klo di polisi yang ada pangkat Tamtamanya itu mah waktu TNI dan POLRI masih bergabung

      • gusniardi said,

        makanya polisi lebih cepat kaya di banding Bapak TNI kita,,
        namanya aja TAMTAMA POLRI, tp kok saya juga nggk prnah lihat, cuma yg ada TNI.

    • agan said,

      untuk sekarang Tamtama biasa bkrja di TNI

    • dian said,

      di korps BrimoB..yaitu satuan korps tempur milik kepolisian Indonesia

    • denz said,

      udah pada pensiun mereka

  2. joyce said,

    kalau di polri kan sering kita dengar atau baca singkatan pangkat di belakang nama mereka…
    seperti att, dtt, ptd, zld itu singkatan apa mas?

    mohon informasinya

    makasih

    • budiasa said,

      att = angkatan tiga tiga..

  3. Rara said,

    Thanks for information :)

  4. hatifah said,

    thank’s infonya., mau saya pakai untuk soal LCT pramuka., :D
    trima ksih.,.,

  5. Mayor.Seno said,

    Nama saya Seno Alfarizi saya Tentara pangkat Mayor dan saya tetap mendukung indonesia dalam masalah apa pun saya tidak akan pernah menyerah demi indonesia… Merdeka Indonesia…Berjuang lah…

  6. dedi supriadi said,

    terima kasih atas informasinya.

  7. fachrul rozi said,

    thank’s to your inform

  8. budiasa said,

    saya bantu jawab pertanyaan joyce…

    att, dtt, ptd, zld itu singkatan dari sebutan lettingnya dll.. misalnya att = angkatan tiga tiga..

  9. Letkol.Seno said,

    Sekarang saya sudah naik pangkat menjadi Letkol

  10. girl said,

    angkatan tiga-tiga maksudnya apa?

  11. girl said,

    terus dtt ptd tu apa

    • longaleel_tubazzone said,

      itu nama angkatan waktu pendidikan.. zld misalnya zero lima dua… 05.2 …alias taun 2005 gelombang dua.. gitu deh… nts. nol tujuh satu.. 2007 gel 1.. yg paling terkenal tubazzone.. tuh ankatan brimob… Tujuh belas. gelombang satu…. ^^

  12. Letkol.Seno said,

    saya baru dapat kabar dari pulau seribu karna di sana ada nelayan yang mencemari lingkungan saya menangkap pelayanan itu.

  13. david said,

    saya david
    saya polisi dengan pangkat BRIPPOL
    saya cuma mau ngomong,kenapa KEPOLISIAN DAN TNI tidak pernah AKUR ??!!
    padahal kita sama2 menjaga keamanan NKRI TERCINTA

  14. swantoro said,

    andai saja anak keturunanku bisa jadi JENDRAL BINTANG LIMA…….
    sujud syukurku mudah2an tetap padaMU ALLAH SWT…….. Amin

    • longaleel_tubazzone said,

      bintang lima cuma ada di Indonesia.. milik bpk Jendral besar TNI Soeharto… paling tinggi cm bintang 4 looo

  15. rudi said,

    kenapa TNI pankatx g d pundak smua y,dan mengapa jg tidak semua PNS yg pake lambang kepankatan.thanks sblumx ts jwbn.

  16. AMIR SUPRIYADI said,

    jadi polisi sulit apa mudah yahh.??

  17. muh.nanta d.s. said,

    thanks tas infonya !

  18. [...] Sumber : http://pengetahuanumum.wordpress.com/ [...]

  19. astri said,

    kalo jd polisi enk y pa yahhh gan?

    • longaleel_tubazzone said,

      ga enak.. polisi dg TNI ga ada enaknya.. cuma kebanggaan… selalu jauh dari keluarga.. anda siap???

  20. azie ahmad said,

    saya bangga negara kta punya banyak polri tp sy lebih kecewa & jengkel bnyak skali oknum polri yg mnggunakan titel & seragam polri bwt merampas harta rakyat bawahan ,misal’a sja sya pernah d minta duet ratusan ribu pdhal g’da alasan yg bnar utk mminta duet trsbut ,banyak rakyat yg mngeluh krn tingkah polri.

  21. asalamualaikum saya taruna akademi kepolisian negara republik indonesia detasemen XXXXV – 2010 dharma ksatria berpangkat brigadir satu taruna saya optimis walau biaya untuk pendidikan saya sangat tinggi nilai nya dan tak sebanding dengan gaji saya setalah saya di lantik menjadi anggota polri berpangkat IPDA namun saya tidak berkecil hati karna tujuan saya yg pling utama untuk memberikan bakti saya bagi ibu pertiwi

  22. Christian said,

    Kalo diperhatikan jumlah personil TNI, POLRI dan PNS di Indonesia terlalu sedikit, boleh tau berapa jumlah personil TNI, POLRI dan PNS di Indonesia?
    Thx.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: