April 22, 2010

Terima kasih dalam Berbagai Bahasa

Posted in Bahasa tagged , pada 3:29 am oleh fnhidayat

Ingin tahu bagaimana mengucapkan terima kasih dalam berbagai bahasa (asing atau daerah di Indonesia)
terimakasih

Bahasa Asing

1. Bahasa Inggris : Thank You, Thanks, Thank You Very Much

2. Bahasa Prancis : Merci, Merci beaucoup

3. Bahasa Jerman : Danke

4. Bahasa Spanyol : Gracias

5. Bahasa Jepang : Arigato, Arigato Gozaimasu, Arigato Gozaimashita

6. Bahasa Belanda : Dank Je

7. Bahasa Italia : Grazie

8. Bahasa Portugis : Obrigado

9. Bahasa Korea : Gamsa-hamnida

10. Bahasa Mandarin : Xie-xie

11. Bahasa Arab : Syukron

12. Bahasa Ibrani : Toda

13. Bahasa Afrika : Dankie, Baie Dankie

14. Bahasa Mesir Kuno : Dua Netjer en ek(ke cowo), Dua Netjer etj (ke cewe)

15. Bahasa Yunani : Sas efharisto, efcharisto

16. Bahasa India : Danyavad, Dhanyawaad, Shukriya

17. Bahasa Islandia : Takk, Takk fyrir

18. Bahasa Finlandia : Kiitos, Kiitoksia

19. Bahasa Wales : Diolch yn fawr

20. Bahasa Tagalog : Salamot

21. Bahasa Thai : Khwap khun, khwap khun khrap

22. Bahasa Tibet : Tujechhe

23. Bahasa Scotlandia : Thank ye, Thenk Ye

24. Bahasa Sansekerta : Anugurihiitusomi

25. Bahasa Rumania : Multumesc

Bahasa Daerah

1. Bahasa Jawa : Matur Nuwun
2. Bahasa Sunda : hatur nuhun, hatur nuhun pisan
3. Bahasa Jambi : Terimo kasih (beda “a” sama “o” aja)
4. Bahasa Bali : Suksema
5. Bahasa Migani (Papua) : Amanai
6. Bahasa Batak : muliate
7. Bahasa Sasak : tampiaseh
8. Bahasa Minang : Tarimo kasi
9. Bahasa Toraja : kurrusumanga’
10. Bahasa Nias : sauweghele
11. Bahasa Banjar : Tarima Kasih
12. Bahasa Madura : sakalangkong
13. Bahasa Kutai : makaseh
14. Bahasa Manado : makase   (Tq: Angga)
15. Bahasa Aceh : Teurimong Gaseh beh     (Tq: Winda)
16. bahasa Timor dan Timor Leste : Obrigado Barak : (Tq: bangjoo)
17. Bahasa Maumere : Epanggawang (Tq: bangjoo)
18. Bahasa makassar : tarima kasih (Tq: ridha )
19. Bahasa karo : mejuah-juah (tq: citrasembiring)

 

Mau menambahkan, tulis di komentar aja…

Sumber: http://id.cosmotopic.com/32966253632-terimakasih-dalam-berbagai-bahasa
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=7192
Sumber gambar: http://www.ilusa.com/gallery/thank_u_languages.jpg

89 Komentar »

  1. Gracias xie xie he he

  2. budi said,

    hatur nuhun laksa keti kabingahan akang, eceu sadayana….

    • fiki said,

      bahasa apa lagi gak ngerti artinya artiin dong.bhs sunda ya

  3. Nanta said,

    Kalau Bahasa Aceh Ungkapan terima kasihnya gmana????

  4. Angga said,

    Bahasa Manado : makase ^_^

  5. mhya said,

    Matur nuwun… :-)

    • fiki said,

      bhs jawa ya emang kamu jawanya mana.

  6. Jee said,

    bahasa tukang kredit panci dari sunda : TARARENGKYU..! :-)

  7. gede said,

    Suksma,,

  8. winda said,

    Bahasa Aceh : Teurimong Gaseh beh

  9. andimnugraha said,

    Dua Netjer etj

  10. bangjoo said,

    bahasa Timor dan Timor Leste: Obrigado Barak

  11. bangjoo said,

    Bahasa Maumere Epanggawang

  12. bangjoo said,

    bahasa kera ngalam dan Suroboyoan : Kesuwun Cak

  13. bangjoo said,

    Bhasa Filipina: Salamat Po

  14. laurensius said,

    bahasa bataknya : mauliate:)

    • laras said,

      mauliate ato muliate sih?

  15. alver said,

    bahasa batak ga cuma 1 ja…
    ada 5 batak:
    batak toba, batak karo, batak mandailing, batak pakpak, n batak simalungun
    yang kamu buat cuma 1 yg laen mn????????

    • hendra said,

      alver kasih masukan dong, karena tidak semua bahasa daerah bisa ditemukan responden-nya , thanks

      • fiki said,

        kamu hendra mana yg di jakarta selatan ya .yg hpnya ilang

  16. urang kutai said,

    makaseh ha’ yoh

  17. kiki said,

    bahasa kalimantan; kamsiah

    • inggris said,

      ini kiki yg kata di idola cilik bukan kalo di idola cilik kebetulan sekali saya suka nonton idola cilik emang kiki tinggalnya di daerah mana kasih tau ya

  18. Wulan Amessi said,

    Shukriya. bahasa hindi atau marathi?

  19. andithea96 said,

    Makasi bang, pengetahuannya berguna nih ^^

  20. Chazey said,

    .kaLo kata orang madura, ,SAKALANGKONG^^,

  21. ridha said,

    bahasa makassar > tarima kasih

  22. inggris said,

    thank you very much

  23. bahasa karo mejuah-juah.. :)

    • bahasa karo, bujur ..
      makasih.. :)

      • melvin ginting said,

        makanya ada kesalah tu , bukan mejuah juah seharusnya tp ya itu bujur, malu donk kita nanti org karo gk tau yang mana hehehe. melvin ginting

    • togi7061 said,

      Bahasa Karo terima kasih Bujur

  24. jerry said,

    klo aku syang kamu.,.,.,

    apa bahasa cina nya,.,.,.?

  25. tri amrullah said,

    kalo bahasa palembang : mokaseh / trimo kaseh
    kalo bahasa sp padang : mekaseh / trime kaseh

  26. gogo said,

    keren bro infonya..

    gracias,

    arigatou

    sankyuu

  27. helmi said,

    klo bhasa banjarnya terima kasih ap’lagi ya……

  28. alwan said,

    l0mbok = matur tampiasih

  29. M. Imam said,

    Bahasa Melayu pesisir (Riau) : TEGHIME KASEH

  30. 탁민라 said,

    Gamsahamnida eonni oppa :)

  31. Elroy said,

    Setahu sya, kalo bhs Karo trima kasih itu ‘bujur’.. Kalo ‘mejuah-juah’ tuh seperti ‘horas’ dlm bhs Batak..

  32. inferno said,

    bahasa karo bukan mejuah juah tapi bujur

  33. may sarah said,

    kalo bahasa prancis nya duit ku habis

  34. vira said,

    terima kasih ea atas pengetahuanx :D

  35. Hyo ReNo said,

    Lampung : Nekhima nihan

  36. riki said,

    bahasa lampungny ap

  37. Ajhay said,

    tambahan

    bahasa miyapah :
    maaciihh = terimakasih

    hee 233FB790

  38. sekkarum said,

    .krna sya orang jogja. .
    matur nuwun

  39. BEMBI said,

    DANKE :)

  40. Ahmeed said,

    BAHASA TORAJA = KURRE SUMANGA’

  41. Mara said,

    Jerry
    mandarin@ ~aku sayang kamu cukup pake wo ai ni. Cantonis@ ngo oi/ngoi lei atau ngo shiek lei

  42. aku boleh nambahin? bhs bengkulunya = mo kasi yo , bhs ambon = dangke/danke/dankje , bhs rejang =mokasiak,

  43. hendra pranata said,

    suksma brow…….

  44. hatur nuhun pisan

  45. tika uloli said,

    odu’olo bahasa gorontalo :)

  46. Jasmine said,

    Arigato… :D

  47. Jasmine said,

    Keren..

  48. Willy said,

    Tarimo kasiah amen jemo Serawai :)

  49. Willy said,

    Tarimo kasiah amen Jemo Serawai Kab. Seluma Bengkulu ;)

  50. Russia: Spasibo
    Yunani: Spasibo
    Jerman: Dankeschöne

    Yah…, alternatifnya lah..

  51. Bahasa simalungun : Diate tupa

  52. bahasa ambon: dangke (terima kasih)

  53. ardhya said,

    ga ada yg maaf ya? buat tugas nih……

  54. adi mamonto said,

    bahasa Daerah Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara) ⇨ terimah kasih ▶ syukur mo’anto

  55. adi mamonto said,

    bahasa daerah Bolaang Mongondow (SulUt) terimah kasih ⇨ syukur moanto’

  56. hanatan92 said,

    Korea = gamsahamnida (formal) , gomawo (informal)

  57. togi7061 said,

    Bahasa Pak-Pak terima kasih : Lias ate

  58. Robin Tampoi said,

    Bahasa Bol Mong ; syukur mo anto

  59. Yeni Pramono said,

    dalam bahasa orang Mbojo: Kalembo ade ;)

  60. Sepri said,

    Trnyata bahasa kutai = bahasa bangka “MAKASEH”

  61. vievie elsoin said,

    kalo bahasa KEI / EVAV adalah ::
    “””* ted ya *”””

  62. Aichi Aulia said,

    bahasa gaholl : MAACIEWW ^-^

  63. Novi said,

    Terima Kasih/Martun Nuwun/Hartun Nuhun/Tampi Kaasih

  64. agus said,

    bahasa torajanya salah. harusnya kurresumanga’

  65. miftahul hidayati said,

    Mokaseh yo :) ;;) ;) bahaso palembang

  66. Yusmito said,

    Bahasa sumbawa : terima kasih = terima kasih ,terima banyak = terima peno’ peno’ :)

  67. Mauli said,

    tarimo kasih :)

  68. baekyungie said,

    Arigatou!!

  69. AnTo said,

    bahasa balikan khas Malang: nuwus

  70. Diateitupa (Bahasa Simalungun)

  71. thanks ya guys sangat menambah pengetahuan…
    sawaghele..

  72. Likin said,

    Bahasa alay : mu’ucih eah…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: