Mei 4, 2010

Pangkat TNI, Polisi, dan PNS

Posted in Umum tagged , , pada 7:07 am oleh fnhidayat

Urutan Kepangkatan TNI

Nama Pangkat

Singkatan

Simbol

Letak

PERWIRA TINGGI

Jenderal Besar
/ Laksana Besar* /  Marsekal besar**

jenderal besarpati

Pundak

Jenderal  / Laksamana Laut* / Marsekal**

Jend.

Letnan Jenderal / Laksamana Madya* / Marsekal Madya **

Letjen

Mayor Jenderal / Laksamana Muda* / Marsekal Muda**

Mayjen

Brigadir Jenderal / Laksamana Pertama*  / Marsekal Pertama**

Brigjen

PERWIRA MENENGAH

Kolonel

Kol.

Pundak

Letnan Kolonel

Letkol

Mayor

May.

PERWIRA PERTAMA

Kapten

Kapt.

patama

Pundak

Letnan Satu

Lettu

Letnan Dua

Letda

BINTARA TINGGI

Pembantu Letnan Satu

Peltu

bintara

Pundak

Pembantu Letnan Dua

Pelda

BINTARA

Sersan Mayor

Serma

sersan

Lengan

Sersan Kepala

Serka

Sersan Satu

Sertu

Sersan Dua

Serda

TAMTAMA

Kopral Kepala

Kopka


Lengan

Kopral Satu

Koptu

Kopral Dua

Kopda

Prajurit Kepala

Praka

Prajurit Satu

Pratu

Prajurit Dua

Prada

Urutan Kepangkatan POLRI

Nama Pangkat

Singkatan

Simbol

Letak

PERWIRA TINGGI

Pundak

Jenderal Polisi

Jend. Pol

Komisaris Jendral Polisi

Komjen Pol

Inspektur Jenderal Polisi

Irjen Pol

Brigadir Jenderal Polisi

Brigjen Pol

PERWIRA MENENGAH

Komisaris Besar Polisi

Kombes Pol

Pundak

Ajun Komisaris Besar Polisi

AKBP

Komisaris Polisi

Kompol

PERWIRA PERTAMA

Ajun Komisaris Polisi

AKP

Pundak

Inspektur Polisi Satu

Iptu

Inspektur Polisi Dua

Ipda

BINTARA TINGGI

Ajun Inspektur Polisi Satu

Aiptu

Pundak

Ajun Inspektur Polisi Dua

Aipda

BINTARA

Brigadir Polisi Kepala

Bripka

Pundak

Brigadir Polisi

Brippol

Brigadir Polisi Satu

Briptu

Brigadir Polisi Dua

Bripda

TAMTAMA

Ajun Brigadir Polisi

Abrippol

Pundak

Ajun Brigadir Polisi Satu

Abriptu

Ajun Brigadir Polisi Dua

Abripda

Bhayangkara Kepala

Bharaka

Bhayangkara Satu

Bharatu

Bhayangkara Dua

Bharada

Urutan Kepangkatan dan Golongan PNS

Nama Pangkat

Golongan

Ruang

GOLONGAN IV

Pembina Utama

IV

e

Pembina Utama Madya

IV

d

Pembina Utama Muda

IV

c

Pembina Tingkat I

IV

b

Pembina

IV

a

GOLONGAN III

Penata Tingkat I

III

d

Penata

III

c

Penata Muda Tingkat I

III

b

Penata Muda

III

a

GOLONGAN II

Pengatur Tingkat I

II

d

Pengatur

II

c

Pengatur Muda Tingkat I

II

b

Pengatur Muda

II

a

GOLONGAN I

Juru Tingkat I

I

d

Juru

I

c

Juru Muda Tingkat I

I

b

Juru Muda

I

a

59 Komentar »

  1. robby said,

    di kepolisian tamtama it saya tak pernah meliht….
    biasanya tamtama bekerja dmn yah

    • agan said,

      gan klo di polisi yang ada pangkat Tamtamanya itu mah waktu TNI dan POLRI masih bergabung

      • gusniardi said,

        makanya polisi lebih cepat kaya di banding Bapak TNI kita,,
        namanya aja TAMTAMA POLRI, tp kok saya juga nggk prnah lihat, cuma yg ada TNI.

    • agan said,

      untuk sekarang Tamtama biasa bkrja di TNI

    • dian said,

      di korps BrimoB..yaitu satuan korps tempur milik kepolisian Indonesia

    • denz said,

      udah pada pensiun mereka

    • andi siswanto said,

      tamtama ada hanya di kepolisian perairan.

  2. joyce said,

    kalau di polri kan sering kita dengar atau baca singkatan pangkat di belakang nama mereka…
    seperti att, dtt, ptd, zld itu singkatan apa mas?

    mohon informasinya

    makasih

    • budiasa said,

      att = angkatan tiga tiga..

  3. Rara said,

    Thanks for information :)

  4. hatifah said,

    thank’s infonya., mau saya pakai untuk soal LCT pramuka., :D
    trima ksih.,.,

  5. Mayor.Seno said,

    Nama saya Seno Alfarizi saya Tentara pangkat Mayor dan saya tetap mendukung indonesia dalam masalah apa pun saya tidak akan pernah menyerah demi indonesia… Merdeka Indonesia…Berjuang lah…

  6. dedi supriadi said,

    terima kasih atas informasinya.

  7. fachrul rozi said,

    thank’s to your inform

  8. budiasa said,

    saya bantu jawab pertanyaan joyce…

    att, dtt, ptd, zld itu singkatan dari sebutan lettingnya dll.. misalnya att = angkatan tiga tiga..

  9. Letkol.Seno said,

    Sekarang saya sudah naik pangkat menjadi Letkol

  10. girl said,

    angkatan tiga-tiga maksudnya apa?

  11. girl said,

    terus dtt ptd tu apa

    • longaleel_tubazzone said,

      itu nama angkatan waktu pendidikan.. zld misalnya zero lima dua… 05.2 …alias taun 2005 gelombang dua.. gitu deh… nts. nol tujuh satu.. 2007 gel 1.. yg paling terkenal tubazzone.. tuh ankatan brimob… Tujuh belas. gelombang satu…. ^^

      • gustav said,

        Kalo 2005 gelombang 1 namanya apa ?

  12. Letkol.Seno said,

    saya baru dapat kabar dari pulau seribu karna di sana ada nelayan yang mencemari lingkungan saya menangkap pelayanan itu.

  13. david said,

    saya david
    saya polisi dengan pangkat BRIPPOL
    saya cuma mau ngomong,kenapa KEPOLISIAN DAN TNI tidak pernah AKUR ??!!
    padahal kita sama2 menjaga keamanan NKRI TERCINTA

    • setyo said,

      tidak ada hijau atau coklat mas yang ada hanya merah dan putih satu nkri….itu amanah dan harga mati….

    • Dank_Morgant said,

      karena ada nya kecemburuan sosial nya pak..antara polisi dan tni tidak pernah akur di latar belakangi beberapa hal yang dinilai tidak bijak,,misalnya gaji dan tugas2 pokok..kemudian ruang lingkup daerah hukum sampai kesempatan..itu makanya terjadi kesenjangan antara tni dan polri,,kembali pada masa orde baru,,tni polri aman2 saja kok..

  14. swantoro said,

    andai saja anak keturunanku bisa jadi JENDRAL BINTANG LIMA…….
    sujud syukurku mudah2an tetap padaMU ALLAH SWT…….. Amin

    • longaleel_tubazzone said,

      bintang lima cuma ada di Indonesia.. milik bpk Jendral besar TNI Soeharto… paling tinggi cm bintang 4 looo

      • dicky said,

        A.H nasution dan jend. sudirman jg bntang 5

      • Adil P said,

        Bintang Lima cuman punya Pak Suharto ama Pak Nasution. Gak ada yang laen lagi……………..

  15. rudi said,

    kenapa TNI pankatx g d pundak smua y,dan mengapa jg tidak semua PNS yg pake lambang kepankatan.thanks sblumx ts jwbn.

  16. AMIR SUPRIYADI said,

    jadi polisi sulit apa mudah yahh.??

  17. muh.nanta d.s. said,

    thanks tas infonya !

  18. […] Sumber : https://pengetahuanumum.wordpress.com/ […]

  19. astri said,

    kalo jd polisi enk y pa yahhh gan?

    • longaleel_tubazzone said,

      ga enak.. polisi dg TNI ga ada enaknya.. cuma kebanggaan… selalu jauh dari keluarga.. anda siap???

  20. azie ahmad said,

    saya bangga negara kta punya banyak polri tp sy lebih kecewa & jengkel bnyak skali oknum polri yg mnggunakan titel & seragam polri bwt merampas harta rakyat bawahan ,misal’a sja sya pernah d minta duet ratusan ribu pdhal g’da alasan yg bnar utk mminta duet trsbut ,banyak rakyat yg mngeluh krn tingkah polri.

  21. asalamualaikum saya taruna akademi kepolisian negara republik indonesia detasemen XXXXV – 2010 dharma ksatria berpangkat brigadir satu taruna saya optimis walau biaya untuk pendidikan saya sangat tinggi nilai nya dan tak sebanding dengan gaji saya setalah saya di lantik menjadi anggota polri berpangkat IPDA namun saya tidak berkecil hati karna tujuan saya yg pling utama untuk memberikan bakti saya bagi ibu pertiwi

    • dewi said,

      bagus dan tepat sekali,buktikan wahai pemuda indonesia

    • widhie said,

      s’moga anda senantiasa dimudahkan untuk menjadi anggota POLRI yang tidak hanya bangga terhadap dirinya sendiri tapi juga dibanggakan masyarakat, senantiasa istiqomah terhadap nurani yang mulia

    • ichal said,

      Abis berapa duit om? share please.. ;)

  22. Christian said,

    Kalo diperhatikan jumlah personil TNI, POLRI dan PNS di Indonesia terlalu sedikit, boleh tau berapa jumlah personil TNI, POLRI dan PNS di Indonesia?
    Thx.

  23. anto said,

    thanks ya buat pengetahuannya…………………

  24. meutuah said,

    wah…………. makasih ya atas infonya….jadi tau nech>>>>

  25. edwin said,

    kembangkan

  26. Reycardo Leonard Rondonuwu Lotong Sembe said,

    thx untuk informasinya

  27. muhabdi said,

    segitu banyak angkatan kerjanya apa nya

  28. akuntansi said,

    Pangkat Tamtama untuk POLRI sekarang banyak yang berada di BRIMOB. Sedangkan di POLRI-NonBrimob, sekarang minimal adalah Bintara Polri

  29. Pangkat polisi kurang independen, masih berbau militer.

  30. semoga mimpi saya tercapai,
    untuk menjadi cpns kemenkum,ham…,.,
    di tahun 2012 ini,.,amin,,

  31. dutapraja said,

    nice share gan..

    dutapraja.blogspot.com

  32. dtt itu singkatan dr apa yaa ?

  33. Indonesia harus wajib militer…………

  34. Willy said,

    gak tahu gan

  35. eva hadijah said,

    Pengetahuan yg sangat bagus. Lanjutkan

  36. Reblogged this on rahmad kibitz and commented:
    thans sea

  37. Petarunkz said,

    jangankan TNi & POLRI, yg sesama POLRI aja banyak selisih paham nya.. Contohnya : Polisi Umum & Brimob, Alumni Akpol & Alumni Diktuba..

  38. rudy said,

    maksud di POLRI gelar ZLd itu apa yaa???

  39. saya hanya ingin menanyakan,berapa jumlah semua anggota POLISI/TNI di negara kita ini . ..
    makasih . .


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: